Langsung ke konten utama

PAULUS: Hidup Yang Diubahkan

Baca:  Kisah 9:1-9a

"Sementara itu berkobar-kobar hati Saulus untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan."  Kisah 9:1

Kisah perjalanan hidup rasul Paulus adalah sangat menarik untuk kita pelajari.  Rasul Paulus adalah seorang tokoh besar dalam kitab Perjanjian Baru.  Dari 27 kitab dalam Perjanjian Baru Paulus menulis kurang lebih separuhnya.

     Paulus, yang awalnya bernama Saulus, berasal dari Tarsus.  Pada usia muda Paulus hidup sebagai seorang Farisi di bawah didikan Gamaliel,  "...seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak,"  (Kisah 5:34).  Sebelum dipakai Tuhan untuk menjadi rasul-Nya ia adalah orang yang sangat fanatik dengan agama, bahkan  "...mentaati hukum Taurat aku tidak bercacat."  (Filipi 3:6).  Artinya dalam hal hukum Taurat kemampuan Paulus tak disangsikan lagi.  Tapi banyak orang mengenal Paulus sebagai pribadi yang bengis, jahat dan suka menganiaya jemaat.  Bagaimana reaksi orang-orang yang telah dianiaya Paulus?  Apakah mereka melakukn pembalasan seperti yang dilakukan oleh orang dunia pada umumnya yang berprinsip bahwa pembalasan lebih kejam dari perbuatan?  Tidak sama sekali!  Tuhan Yesus mengajarkan,  "Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu."  (Matius 5:44).  Stefanus, salah satu korban kebengisan Paulus, melakukan apa yang diajarkan Tuhan Yesus ini.  Sebelum mati ia pun berseru,  "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!"  (Kisah 7:60).  Karena doa orang-orang yang teraniaya itulah akhirnya Paulus mengalami perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan dalam perjalanannya ke Damsyik.  Seketika itu Paulus mengalami jamahan Tuhan.  Bukan hanya itu, Tuhan juga menyingkapkan perkara-perkara adikodrati kepada Paulus:  "...tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia."  (Kisah 9:3), sehingga ia pun terjatuh dan mengalami kebutaan selama tiga hari.

     Pengalaman rohani inilah yang akhirnya menjadi titik balik dalam kehidupan Paulus.  Ia bertobat, memberi diri untuk dibaptis, artinya manusia lama ditanggalkan dan kini ia menjadi  'ciptaan baru'  di dalam Kristus.

Tuhan berkata,  "...orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel."  Kisah 9:15

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN KRISTEN

RENUNGAN KRISTEN
Renungan Air Hidup            : lihat daftar isi Renungan Harian Online     : lihat daftar isiRenungan Harian Truth       : lihat daftar isiRenungan Santapan Harian : lihat daftar isiRenungan Kristen Teks        : lihat daftar isiKhotbah Kristen                 : lihat daftar isi

Renungan Pemuda Kristen

Baca:  Amsal 22:1-16

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."Amsal 22:6






Dengarkan ►           Masa muda adalah masa 'emas' dalam perjalanan hidup seseorang.  Masa di mana seseorang sedang dalam puncak gejolak;  masa mengekspresikan segala potensi yang dimilikinya.  Namun juga bisa dikatakan sebagai masa 'rentan' terhadap segala pengaruh yang ada, apakah itu pengaruh baik yang membawanya kepada suatu keberhasilan, ataukah pengaruh buruk yang sewaktu-waktu bisa saja menjerumuskannya diarahkan secara tepat dan benar, sebab mereka itu sangat produktif dan bertalenta.

     Saat ini perkembangan dunia begitu pesat bukan hanya di bidang tertentu saja, tapi hampir di seluruh bidang kehidupan manusia.  Salah satunya adalah bidang teknologi:  ada internet, handphone super canggih, laptop, ipad dan sebagainya.  Muncul istilah email, facebook, twitter.  Mau tidak mau kemajuan teknologi i…

Khotbah Kristen Philip Mantofa

Posting ini berisi khotbah dari Ps. Philip Mantofa. Beliau adalah adalah orang yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Dalam pelayanannya banyak orang yang merasa terberkati, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan menerima mukjizat. karena apa yang disampaikan bukan hanya sekedar kata-kata motivasi dunia tapi semua berasal dari Alkitab yang adalah penuntun dan panduan bagaimana kita manusia seharusnya hidup di dunia ini.
Salah satu acara yang dibawakan Ps. Philip mantofa adalahbefore 30 show di global tvyang tayang setiap hari sabtu jam Pukul 12.00 WIB.


Silahkan pilih khotbah di bawah untuk di download.