Langsung ke konten utama

Misteri Kehidupan

Renungan Harian TRUTH
Harus kita akui, memang ada hal-hal yang terjadi dalam kehidupan ini yang merupakan misteri kehidupan; hal-hal itu mungkin tidak akan terpecahkan sampai kita bertemu dengan Tuhan dan Ia memberikan pikiran yang sempurna nanti. Baru-baru ini ada seorang anak Tuhan yang turut mengambil bagian dalam pelayanan dan dinilai sebagai orang baik, tapi ia cepat meninggal dunia. Semua sahabat—termasuk penulis—menjadi heran: mengapa orang sebaik dia meninggal dalam usia relatif masih muda? Timbullah spekulasi, mungkinkah ada dosa yang terselubung, karena ia baik maka Tuhan memanggilnya secara cepat supaya jangan jatuh dalam dosa di kemudian hari? Dan lain sebagainya. Spekulasi seperti ini seharusnya tidak boleh timbul. Bila kita menjumpai fakta kehidupan yang tidak dapat kita mengerti, maka kita harus diam saja. Diam, diam dan diam, agar kita tidak bersalah kepada Tuhan, dan dalam konteks peristiwa ini kita tidak menambah penderitaan keluarga yang terpukul karena merasa kehilangan orang yang mereka kasihi.

Dalam perjalanan hidup penulis sebagai pelayan Tuhan yang telah meniti sepanjang lebih dari 30 tahun dalam lingkungan penggembalaan jemaat dan 20 tahun di lingkungan pendidikan teologia, penulis menemukan bahwa Tuhan adalah Pribadi yang tak mudah terbaca. Dulu penulis berpikir bahwa semua masalah yang terjadi dalam kehidupan jemaat dapat ditemukan jawabnya dan seluk beluk Tuhan dapat diuraikan dengan mudah, apalagi dengan bekal ilmu teologi yang telah terkantongi. Tetapi kenyataannya, masih ada banyak hal yang tidak terjawab; mengapa Tuhan mengizinkan hal itu terjadi? Mengapa begini mengapa begitu?

Tuhan bukanlah seperti angka matematis yang mudah dihitung: 1 + 1 = 2, 3 + 3 = 6. Ia adalah Pribadi Agung yang harus kita terima kenyataannya sebagai Penyimpan berjuta misteri. Ia berdaulat atas semua yang dilakukan-Nya, dan kedaulatan-Nya harus diakui sebagai mutlak atau absolut. Bila Tuhan melakukan suatu tindakan yang tidak kita mengerti, pertama, kita tidak boleh mencurigai Tuhan berbuat sesuatu yang tidak pantas. Segala sesuatu yang dikerjakan-Nya adalah sempurna, dan bagi kemuliaan nama-Nya (Yes. 12:4–5). Kalau sesuatu terjadi bagi kemuliaan nama-Nya, maka kita yang terlibat di dalamnya pasti mendapat anugerah kebaikanNya. Hanya, sering kita hanya belum tahu kebaikan apakah yang disediakan-Nya di balik suatu peristiwa yang menyakitkan dalam kehidupan kita. Kedua, dengan pikiran kita tidak mengerti, tetapi dengan hati kita bisa percaya bahwa segala sesuatu mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi-Nya (Rm. 8:28).

Tuhan adalah Pribadi Agung yang harus diterima kenyataannya

sebagai Penyimpan berjuta misteri.

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN KRISTEN

RENUNGAN KRISTEN
Renungan Air Hidup            : lihat daftar isi Renungan Harian Online     : lihat daftar isiRenungan Harian Truth       : lihat daftar isiRenungan Santapan Harian : lihat daftar isiRenungan Kristen Teks        : lihat daftar isiKhotbah Kristen                 : lihat daftar isi

Renungan Pemuda Kristen

Baca:  Amsal 22:1-16

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."Amsal 22:6






Dengarkan ►           Masa muda adalah masa 'emas' dalam perjalanan hidup seseorang.  Masa di mana seseorang sedang dalam puncak gejolak;  masa mengekspresikan segala potensi yang dimilikinya.  Namun juga bisa dikatakan sebagai masa 'rentan' terhadap segala pengaruh yang ada, apakah itu pengaruh baik yang membawanya kepada suatu keberhasilan, ataukah pengaruh buruk yang sewaktu-waktu bisa saja menjerumuskannya diarahkan secara tepat dan benar, sebab mereka itu sangat produktif dan bertalenta.

     Saat ini perkembangan dunia begitu pesat bukan hanya di bidang tertentu saja, tapi hampir di seluruh bidang kehidupan manusia.  Salah satunya adalah bidang teknologi:  ada internet, handphone super canggih, laptop, ipad dan sebagainya.  Muncul istilah email, facebook, twitter.  Mau tidak mau kemajuan teknologi i…

Khotbah Kristen Philip Mantofa

Posting ini berisi khotbah dari Ps. Philip Mantofa. Beliau adalah adalah orang yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Dalam pelayanannya banyak orang yang merasa terberkati, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan menerima mukjizat. karena apa yang disampaikan bukan hanya sekedar kata-kata motivasi dunia tapi semua berasal dari Alkitab yang adalah penuntun dan panduan bagaimana kita manusia seharusnya hidup di dunia ini.
Salah satu acara yang dibawakan Ps. Philip mantofa adalahbefore 30 show di global tvyang tayang setiap hari sabtu jam Pukul 12.00 WIB.


Silahkan pilih khotbah di bawah untuk di download.