Misteri Kehidupan

Renungan Harian TRUTH
Harus kita akui, memang ada hal-hal yang terjadi dalam kehidupan ini yang merupakan misteri kehidupan; hal-hal itu mungkin tidak akan terpecahkan sampai kita bertemu dengan Tuhan dan Ia memberikan pikiran yang sempurna nanti. Baru-baru ini ada seorang anak Tuhan yang turut mengambil bagian dalam pelayanan dan dinilai sebagai orang baik, tapi ia cepat meninggal dunia. Semua sahabat—termasuk penulis—menjadi heran: mengapa orang sebaik dia meninggal dalam usia relatif masih muda? Timbullah spekulasi, mungkinkah ada dosa yang terselubung, karena ia baik maka Tuhan memanggilnya secara cepat supaya jangan jatuh dalam dosa di kemudian hari? Dan lain sebagainya. Spekulasi seperti ini seharusnya tidak boleh timbul. Bila kita menjumpai fakta kehidupan yang tidak dapat kita mengerti, maka kita harus diam saja. Diam, diam dan diam, agar kita tidak bersalah kepada Tuhan, dan dalam konteks peristiwa ini kita tidak menambah penderitaan keluarga yang terpukul karena merasa kehilangan orang yang mereka kasihi.

Dalam perjalanan hidup penulis sebagai pelayan Tuhan yang telah meniti sepanjang lebih dari 30 tahun dalam lingkungan penggembalaan jemaat dan 20 tahun di lingkungan pendidikan teologia, penulis menemukan bahwa Tuhan adalah Pribadi yang tak mudah terbaca. Dulu penulis berpikir bahwa semua masalah yang terjadi dalam kehidupan jemaat dapat ditemukan jawabnya dan seluk beluk Tuhan dapat diuraikan dengan mudah, apalagi dengan bekal ilmu teologi yang telah terkantongi. Tetapi kenyataannya, masih ada banyak hal yang tidak terjawab; mengapa Tuhan mengizinkan hal itu terjadi? Mengapa begini mengapa begitu?

Tuhan bukanlah seperti angka matematis yang mudah dihitung: 1 + 1 = 2, 3 + 3 = 6. Ia adalah Pribadi Agung yang harus kita terima kenyataannya sebagai Penyimpan berjuta misteri. Ia berdaulat atas semua yang dilakukan-Nya, dan kedaulatan-Nya harus diakui sebagai mutlak atau absolut. Bila Tuhan melakukan suatu tindakan yang tidak kita mengerti, pertama, kita tidak boleh mencurigai Tuhan berbuat sesuatu yang tidak pantas. Segala sesuatu yang dikerjakan-Nya adalah sempurna, dan bagi kemuliaan nama-Nya (Yes. 12:4–5). Kalau sesuatu terjadi bagi kemuliaan nama-Nya, maka kita yang terlibat di dalamnya pasti mendapat anugerah kebaikanNya. Hanya, sering kita hanya belum tahu kebaikan apakah yang disediakan-Nya di balik suatu peristiwa yang menyakitkan dalam kehidupan kita. Kedua, dengan pikiran kita tidak mengerti, tetapi dengan hati kita bisa percaya bahwa segala sesuatu mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi-Nya (Rm. 8:28).

Tuhan adalah Pribadi Agung yang harus diterima kenyataannya

sebagai Penyimpan berjuta misteri.
Misteri Kehidupan Misteri Kehidupan Reviewed by Alfa on November 04, 2017 Rating: 5