Langsung ke konten utama

Bukan Jalan yang Mudah “Serupa dengan Dia dalam KematianNya”

Renungan Harian TRUTH

Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuandalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya. (Flp. 3:10)

Menjadi kerinduan Paulus agar ia hidup dalam persekutuan dalam penderitaan Tuhan Yesus, supaya ia menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya. “Serupa dengan Dia dalam kematian-Nya” pada dasarnya adalah kehidupan yang ditujukan untuk kepentingan kerajaan Allah sepenuhnya. Kata kematian dalam teks tersebut dari bahasa aslinya ditulis thanatos.

Dalam bahasa Yunani ada beberapa kata yang bisa diterjemahkan “kematian” dalam Bahasa Indonesia. Selain thanatos, terdapat juga kata televte dan analüsis. Kata televte (contohnya dalam Mat. 2:15) berarti “berakhir”; kata ini menunjuk bahwa kematian adalah akhir kehidupan. Kata analüsis (contohnya dalam 2Tim. 4:6) berarti “berangkat”; maksudnya, kematian adalah keberangkatan seseorang dari dunia ini menuju alam baka.

Kata thanatos menunjukkan terpisahnya tubuh dari roh. Mengapa di sini dipilih kata thanatos? Sebab kata ini menjelaskan bahwa setelah seseorang menjadi anak Tuhan, maka tujuan hidupnya adalah dipisahkan atau dibedakan dari anak-anak dunia. Memang perubahan ini tidak dapat berlangsung hanya dalam beberapa hari, tetapi melalui proses yang panjang bertahun-tahun sampai menutup mata. Perubahan tersebut harus melalui pembaharuan pikiran supaya tidak sama dengan dunia ini (Rm. 12:2). Proses ini bisa berlangsung hanya bila seseorang sungguh-sungguh belajar menggali kekayaan Firman Tuhan, sebab hanya Firman Tuhan yang dapat memisahkan seseorang dari cara hidup yang salah (Ibr. 4:12).

Untuk penggarapan ini, kadang-kadang Tuhan perlu meremukkan kita dengan segala cara yang sangat menyakitkan, tetapi inilah jalan berkat yang Bapa sediakan bagi kita. Untuk ini haruslah kita berpikir seperti yang dianjurkan Paulus: “Carilah perkara yang diatas… pikirkanlah perkara yang di atas” (Kol. 3:1–2). Ini sejajar dengan perkataan Tuhan Yesus, “Kumpulkan harta di Surga, bukan di bumi” (Mat. 6:19–20). Maksudnya agar sebagai anak-anak Tuhan kita belajar menghayati kehidupan warga kerajaan Allah, sampai kita menyadari sedalam-dalamnya bahwa dunia ini bukan rumah kita dan kita bukan berasal dari dunia ini; bahwa kita telah mati bagi kesenangan dunia. Sampai tingkat ini Iblis tidak lagi bisa membujuk kita untuk menyembahnya (Luk. 4:5–8).

Mind Map Serupa dengan Dia dalam kematianNya
Mind Map Serupa dengan Dia dalam kematianNya
Mari kita belajar untuk menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, yaitu

mempersembahkan hidup kita sepenuhnya untuk kepentingan kerajaan Allah.

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN KRISTEN

RENUNGAN KRISTEN
Renungan Air Hidup            : lihat daftar isi Renungan Harian Online     : lihat daftar isiRenungan Harian Truth       : lihat daftar isiRenungan Santapan Harian : lihat daftar isiRenungan Kristen Teks        : lihat daftar isiKhotbah Kristen                 : lihat daftar isi

Renungan Pemuda Kristen

Baca:  Amsal 22:1-16

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."Amsal 22:6






Dengarkan ►           Masa muda adalah masa 'emas' dalam perjalanan hidup seseorang.  Masa di mana seseorang sedang dalam puncak gejolak;  masa mengekspresikan segala potensi yang dimilikinya.  Namun juga bisa dikatakan sebagai masa 'rentan' terhadap segala pengaruh yang ada, apakah itu pengaruh baik yang membawanya kepada suatu keberhasilan, ataukah pengaruh buruk yang sewaktu-waktu bisa saja menjerumuskannya diarahkan secara tepat dan benar, sebab mereka itu sangat produktif dan bertalenta.

     Saat ini perkembangan dunia begitu pesat bukan hanya di bidang tertentu saja, tapi hampir di seluruh bidang kehidupan manusia.  Salah satunya adalah bidang teknologi:  ada internet, handphone super canggih, laptop, ipad dan sebagainya.  Muncul istilah email, facebook, twitter.  Mau tidak mau kemajuan teknologi i…

Khotbah Kristen Philip Mantofa

Posting ini berisi khotbah dari Ps. Philip Mantofa. Beliau adalah adalah orang yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Dalam pelayanannya banyak orang yang merasa terberkati, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan menerima mukjizat. karena apa yang disampaikan bukan hanya sekedar kata-kata motivasi dunia tapi semua berasal dari Alkitab yang adalah penuntun dan panduan bagaimana kita manusia seharusnya hidup di dunia ini.
Salah satu acara yang dibawakan Ps. Philip mantofa adalahbefore 30 show di global tvyang tayang setiap hari sabtu jam Pukul 12.00 WIB.


Silahkan pilih khotbah di bawah untuk di download.