Langsung ke konten utama

Panggilan Melayani - Renungan Keluaran 35:30-36:7


Bacaan: Keluaran 35:30-36:7

 

Panggilan melayani

Pelayanan sebagai hamba Tuhan sering dipahami sebagai satu-satunya pelayanan yang secara khusus dipanggil oleh Tuhan sendiri, seperti halnya nabi-nabi pada zaman Perjanjian Lama atau para rasul dalam Perjanjian Baru. Sedangkan pelayanan yang lain baik pengurus komisi, majelis, atau penatua dipahami sebagai pelayanan yang tidak mengikat dan merupakan hasil pemilihan jemaat dengan suara terbanyak. Benarkah pemikiran tersebut?

 

Bacaan Alkitab hari ini berbicara tentang Bezaleel yang dipenuhi Roh Allah dengan keahlian, pengertian, dan pengetahuan dalam segala pekerjaan serta Aholiab, seorang ahli membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, ungu muda, kirmizi, dan dari lenan halus (Kel. 38:23). Keduanya dipilih secara khusus oleh Tuhan dan diberi kepandaian untuk mengajar dalam memimpin pembuatan Kemah Suci (30-34). Hal ini memiliki kesamaan dengan apa yang dilakukan Nehemia, yang menggerakkan pembangunan gerbang Yerusalem. Padahal ia bukan seorang nabi atau imam, melainkan juru minuman raja Artahsasta (Neh. 1:11)

 

Ini mengajarkan bahwa semua pelayanan merupakan ketetapan Tuhan. Kemampuan dan keahlian setiap orang ditanamkan oleh Tuhan. Jadi bukan hanya para nabi dan imam yang dipilih Tuhan, bahkan para tukang sekalipun, karena semua kemampuan itu diberikan oleh Roh yang sama (1Kor. 12:4-6). Memang benar bahwa Musa yang mendapatkan wahyu tentang pembuatan Kemah Suci tersebut dengan segala peraturan dan ukurannya, tetapi Bezaleel dan Aholiab beserta semua orang Israel yang memiliki keahlianlah yang mewujudkan secara nyata dengan membangunnya.

 

Jadi, baik hamba Tuhan maupun pengurus atau majelis yang dipilih melalui pemungutan suara jemaat sebenarnya sama-sama merupakan ketetapan Allah (Rm. 13:1). Seorang hamba Tuhan tidak mungkin mengerjakan panggilannya seorang diri. Maka Tuhan memanggil juga orang-orang awam untuk melayani sesuai panggilan dan talenta masing-masing. Dengan demikian, pekerjaan Tuhan jadi maksimal dan nama Tuhan dimuliakan!

 

 

Ayat Alkitab: Keluaran 35:30--36:7

 

35:30 Berkatalah Musa kepada orang Israel: "Lihatlah, TUHAN telah menunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda,

35:31 dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,

35:32 yakni untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga;

35:33 untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan yang dirancang itu.

35:34 Dan TUHAN menanam dalam hatinya, dan dalam hati Aholiab bin Ahisamakh dari suku Dan, kepandaian untuk mengajar.

35:35 Ia telah memenuhi mereka dengan keahlian, untuk membuat segala macam pekerjaan seorang tukang, pekerjaan seorang ahli, pekerjaan seorang yang membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus, dan pekerjaan seorang tukang tenun, yakni sebagai pelaksana segala macam pekerjaan dan perancang segala sesuatu.

36:1 Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan TUHAN."

36:2 Lalu Musa memanggil Bezaleel dan Aholiab dan setiap orang yang ahli, yang dalam hatinya telah ditanam TUHAN keahlian, setiap orang yang tergerak hatinya untuk datang melakukan pekerjaan itu.

36:3 Mereka menerima dari pada Musa seluruh persembahan khusus, yang telah dibawa oleh orang Israel untuk melaksanakan pekerjaan mendirikan tempat kudus. Tetapi orang Israel itu masih terus membawa pemberian sukarela kepada Musa tiap-tiap pagi.

36:4 Dan segala orang ahli yang melakukan seluruh pekerjaan untuk tempat kudus itu, datanglah masing-masing dari pekerjaan yang dilakukannya,

36:5 dan berkata kepada Musa: "Rakyat membawa lebih banyak dari yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan."

36:6 Lalu Musa memerintahkan, supaya dimaklumkan di mana-mana di perkemahan itu, demikian: "Tidak usah lagi ada orang laki-laki atau perempuan yang membuat sesuatu menjadi persembahan khusus bagi tempat kudus." Demikianlah rakyat itu dicegah membawa persembahan lagi.

36:7 Sebab bahan yang diperlukan mereka telah cukup untuk melakukan segala pekerjaan itu, bahkan berlebih.


Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN KRISTEN

RENUNGAN KRISTEN
Renungan Air Hidup            : lihat daftar isi Renungan Harian Online     : lihat daftar isiRenungan Harian Truth       : lihat daftar isiRenungan Santapan Harian : lihat daftar isiRenungan Kristen Teks        : lihat daftar isiKhotbah Kristen                 : lihat daftar isi

Khotbah Kristen Philip Mantofa

Posting ini berisi khotbah dari Ps. Philip Mantofa. Beliau adalah adalah orang yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Dalam pelayanannya banyak orang yang merasa terberkati, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan menerima mukjizat. karena apa yang disampaikan bukan hanya sekedar kata-kata motivasi dunia tapi semua berasal dari Alkitab yang adalah penuntun dan panduan bagaimana kita manusia seharusnya hidup di dunia ini.
Salah satu acara yang dibawakan Ps. Philip mantofa adalahbefore 30 show di global tvyang tayang setiap hari sabtu jam Pukul 12.00 WIB.


Silahkan pilih khotbah di bawah untuk di download.



Renungan Pemuda Kristen

Baca:  Amsal 22:1-16

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."Amsal 22:6






Dengarkan ►           Masa muda adalah masa 'emas' dalam perjalanan hidup seseorang.  Masa di mana seseorang sedang dalam puncak gejolak;  masa mengekspresikan segala potensi yang dimilikinya.  Namun juga bisa dikatakan sebagai masa 'rentan' terhadap segala pengaruh yang ada, apakah itu pengaruh baik yang membawanya kepada suatu keberhasilan, ataukah pengaruh buruk yang sewaktu-waktu bisa saja menjerumuskannya diarahkan secara tepat dan benar, sebab mereka itu sangat produktif dan bertalenta.

     Saat ini perkembangan dunia begitu pesat bukan hanya di bidang tertentu saja, tapi hampir di seluruh bidang kehidupan manusia.  Salah satunya adalah bidang teknologi:  ada internet, handphone super canggih, laptop, ipad dan sebagainya.  Muncul istilah email, facebook, twitter.  Mau tidak mau kemajuan teknologi i…