Langsung ke konten utama

Meski gentar, tetaplah taat (Hakim-hakim 6:33-40)

Meski gentar, tetaplah taat
Bacaan: Hakim-hakim 6:33-40
Renungan Kristen

Kelanjutan kisah Gideon sangat menarik. Gideon ternyata masih meragukan pilihan Tuhan atas dirinya untuk memimpin bangsa Israel berperang melawan musuh. Dia memang bukan seorang pemberani. Untuk mengirik gandum saja, Gideon memilih tempat pemerasan anggur, tempat yang tersembunyi dari orang Midian. Maka wajar bila Gideon mempertanyakan pilihan Tuhan atas dirinya.

Ketakutan Gideon tampak juga saat ia bergumul untuk beriman pada janji Allah, sebab itu ia meminta jaminan. Padahal sebelumnya, ia juga telah meminta tanda, yaitu saat Malaikat Tuhan menyebut dia sebagai pahlawan yang gagah berani (Hak. 6:12-16, 17-21). Namun itu belum cukup rupanya.

Sampai dua kali Gideon meminta tanda dari Tuhan dengan guntingan bulu domba yang ditaruh di tempat pengirikan untuk memastikan panggilan Tuhan atas dirinya untuk menyelamatkan orang Israel (36-40). Melalui tanda pertama, Gideon ingin memastikan bahwa Tuhan memang memanggil dia. Tuhan berkenan menjawab Gideon dengan memberikan tanda yang diminta. Apakah Gideon langsung percaya dan taat? Tidak. Gideon justru meminta tanda kedua, dan mengingat sifat wol yang menyerap air maka tanda ini akan menunjukkan kuasa Tuhan dalam melakukan apa yang mustahil sehingga Gideon bisa yakin bahwa Tuhan benar-benar memanggil dia. Kita mungkin bisa paham bila Gideon meminta satu tanda, tetapi meminta tanda kedua dan ketiga menunjukkan keraguannya terhadap firman Allah. Namun dengan kesabaran-Nya, Tuhan kembali memberikan tanda yang diminta untuk meneguhkan hamba-Nya.

Melakukan sesuatu di luar kemampuan diri memang tidak selalu mudah bagi setiap orang. Ada yang justru merasa tertantang, ada juga yang malah gentar dan mundur teratur. Namun bila kita tahu bahwa hal itu merupakan kehendak Tuhan, maka hendaknya kita tidak membiarkan rasa takut dan gentar menghalangi kita untuk taat kepada Allah. Allah akan mengajar kita langkah demi langkah, jika kita percaya pada Dia. Meski gentar, tetaplah taat.


Ayat Alkitab: Hakim-hakim 6:33-40
6:33 Seluruh orang Midian dan orang Amalek dan orang-orang dari sebelah timur telah berkumpul bersama-sama; mereka telah menyeberang dan berkemah di lembah Yizreel.
6:34 Pada waktu itu Roh TUHAN menguasai Gideon ; ditiupnyalah sangkakala dan orang-orang Abiezer dikerahkan untuk mengikuti dia.
6:35 Juga dikirimnya pesan kepada seluruh suku Manasye dan orang-orang inipun dikerahkan untuk mengikuti dia. Dikirimnya pula pesan kepada suku Asyer, Zebulon dan Naftali, dan orang-orang inipun maju untuk menggabungkan diri dengan mereka.
6:36 Kemudian berkatalah Gideon kepada Allah: "Jika Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan itu,
6:37 maka aku membentangkan guntingan bulu domba di tempat pengirikan; apabila hanya di atas guntingan bulu itu ada embun, tetapi seluruh tanah di situ tinggal kering, maka tahulah aku, bahwa Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan."
6:38 Dan demikianlah terjadi; sebab keesokan harinya pagi-pagi ia bangun, dipulasnya guntingan bulu itu dan diperasnya air embun dari guntingan bulu itu, secawan penuh air.
6:39 Lalu berkatalah Gideon kepada Allah: "Janganlah kiranya murka-Mu bangkit terhadap aku, apabila aku berkata lagi, sekali ini saja; biarkanlah aku satu kali lagi saja mengambil percobaan dengan guntingan bulu itu: sekiranya yang kering hanya guntingan bulu itu, dan di atas seluruh tanah itu ada embun."
6:40 Dan demikianlah diperbuat Allah pada malam itu, sebab hanya guntingan bulu itu yang kering, dan di atas seluruh tanah itu ada embun.

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN KRISTEN

RENUNGAN KRISTEN
Renungan Air Hidup            : lihat daftar isi Renungan Harian Online     : lihat daftar isiRenungan Harian Truth       : lihat daftar isiRenungan Santapan Harian : lihat daftar isiRenungan Kristen Teks        : lihat daftar isiKhotbah Kristen                 : lihat daftar isi

Khotbah Kristen Philip Mantofa

Posting ini berisi khotbah dari Ps. Philip Mantofa. Beliau adalah adalah orang yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Dalam pelayanannya banyak orang yang merasa terberkati, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan menerima mukjizat. karena apa yang disampaikan bukan hanya sekedar kata-kata motivasi dunia tapi semua berasal dari Alkitab yang adalah penuntun dan panduan bagaimana kita manusia seharusnya hidup di dunia ini.
Salah satu acara yang dibawakan Ps. Philip mantofa adalahbefore 30 show di global tvyang tayang setiap hari sabtu jam Pukul 12.00 WIB.


Silahkan pilih khotbah di bawah untuk di download.



Renungan Pemuda Kristen

Baca:  Amsal 22:1-16

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."Amsal 22:6






Dengarkan ►           Masa muda adalah masa 'emas' dalam perjalanan hidup seseorang.  Masa di mana seseorang sedang dalam puncak gejolak;  masa mengekspresikan segala potensi yang dimilikinya.  Namun juga bisa dikatakan sebagai masa 'rentan' terhadap segala pengaruh yang ada, apakah itu pengaruh baik yang membawanya kepada suatu keberhasilan, ataukah pengaruh buruk yang sewaktu-waktu bisa saja menjerumuskannya diarahkan secara tepat dan benar, sebab mereka itu sangat produktif dan bertalenta.

     Saat ini perkembangan dunia begitu pesat bukan hanya di bidang tertentu saja, tapi hampir di seluruh bidang kehidupan manusia.  Salah satunya adalah bidang teknologi:  ada internet, handphone super canggih, laptop, ipad dan sebagainya.  Muncul istilah email, facebook, twitter.  Mau tidak mau kemajuan teknologi i…