Langsung ke konten utama

Merdeka: Karakter untuk mengubah bangsa


Ini adalah kelanjutan dari merdeka bagian 1

Yehezkiel 14:12-14
12 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:
13 "Hai anak manusia, kalau sesuatu negeri berdosa kepada-Ku dengan berobah setia dan Aku mengacungkan tangan-Ku melawannya dengan memusnahkan persediaan makanannya dan mendatangkan kelaparan atasnya dan melenyapkan dari negeri itu manusia dan binatang,
14 biarpun di tengah-tengahnya berada ketiga orang ini, yaitu Nuh, Daniel dan Ayub, mereka akan menyelamatkan hanya nyawanya sendiri karena kebenaran mereka, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Seperti yang kita ketahui bersama bangsa kita ini sungguh sangat memprihatinkan dimana banyak sekali dosa yang terjadi, kalau kita sering menonton TV kita akan melihat banyak sekali kasus pencurian, pembunuhan, pemerkosaan dll. Dari pembacaan kita ini TUHAN mengatakan kalau negeri ini tidak bertobat pada ayat 12 kalau suatu negeri berdosa kepada-Ku dengan berobah setia dan Tuhan mengacungkan tanganNya maka Ia akan memusnahkan persediaan makanan dan datanglah kelaparan atas negeri itu dan melenyapkan dari negeri itu manusia dan binatang ayat 14 biarpun di tengah-tengahnya berada Nuh, Daniel dan Ayub, mereka akan menyelamatkan hanya nyawanya sendiri karena kebenaran mereka, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Ada apa dengan Nuh, Daniel dan Ayub ? Sekarang kita akan belajar dari karakter ketiga tokoh alkitab ini untuk kita bisa mengubah bangsa kita.
Nuh: kita pasti sudah tahu cerita tentang Nuh ini dimana Dia membuat Bahtera yang besar karena imannya kepada Allah . Karakter Nuh yang mau kita pelajari adalah dimana Nuh ini selama 300 tahun berseru-seru kepada bangsa itu untuk bertobat jadi disini kita melihat bahwa Nuh tidak Egois dia mempedulikan bangsanya juga selama itu dia terus berseri namun pada akhirnya mereka tidak mendengarkan dan yang selamat hanya Nuh, 3 anaknya, 3 mantu dan sepasang sepasang dari hewan . Ibrani 11:7  Karena iman, maka Nuh - dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan - dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.   Dari Ibrani ini kita juga sebelum mengubah negeri ubah dulu keluarga kita, Nuh ini tidak hanya peduli bangsanya juga tapi peduli juga keluarganya.

Daniel: Daniel 6:3-5
3 (6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.
4 (6-5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.
5 (6-6) Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!"

Daniel ini adalah seorang politikus yang bersih karena dia tidak kompromi terhadap dosa. Tuhan menginginkan orang seperti itu yang menyampaikan kebenaran dan tidak kompromi dengan dosa, kalau di negara kita ini kita bisa lihar Ahok wakil gubernur DKI yang dimana banyak orang yang mau menjatuhkan Dia tapi Tuhan membelanya karena akal dari orang jahat yang mau menjatuhkan akan membuat kita untuk muncul lebih diatas.

Ayub:
Ayub 23:10  Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.
Ayub 1:20-22
20 Maka berdirilah Ayub, lalu mengoyak jubahnya, dan mencukur kepalanya, kemudian sujudlah ia dan menyembah,
21 katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!"
22 Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dan tidak menuduh Allah berbuat yang kurang patut.
Ayub adalah seorang pebisnis jadi dia disini berperan sebagai pengolah. Ayub ini pebisnis yang bersikap benar , karena saat dia jatuh dia  tetap takut akan Allah dan Tuhan memulihkannya dan mengembalikannya 2x lipat.

Pembaca JC-Kok belajarlah dari ketiga tokoh ini dan meri kita ubah bersama bangsa kita Indonesia tercinta ini .
renungan by.Alfa Paila

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN KRISTEN

RENUNGAN KRISTEN
Renungan Air Hidup            : lihat daftar isi Renungan Harian Online     : lihat daftar isiRenungan Harian Truth       : lihat daftar isiRenungan Santapan Harian : lihat daftar isiRenungan Kristen Teks        : lihat daftar isiKhotbah Kristen                 : lihat daftar isi

Khotbah Kristen Philip Mantofa

Posting ini berisi khotbah dari Ps. Philip Mantofa. Beliau adalah adalah orang yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Dalam pelayanannya banyak orang yang merasa terberkati, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan menerima mukjizat. karena apa yang disampaikan bukan hanya sekedar kata-kata motivasi dunia tapi semua berasal dari Alkitab yang adalah penuntun dan panduan bagaimana kita manusia seharusnya hidup di dunia ini.
Salah satu acara yang dibawakan Ps. Philip mantofa adalahbefore 30 show di global tvyang tayang setiap hari sabtu jam Pukul 12.00 WIB.


Silahkan pilih khotbah di bawah untuk di download.



Renungan Pemuda Kristen

Baca:  Amsal 22:1-16

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."Amsal 22:6






Dengarkan ►           Masa muda adalah masa 'emas' dalam perjalanan hidup seseorang.  Masa di mana seseorang sedang dalam puncak gejolak;  masa mengekspresikan segala potensi yang dimilikinya.  Namun juga bisa dikatakan sebagai masa 'rentan' terhadap segala pengaruh yang ada, apakah itu pengaruh baik yang membawanya kepada suatu keberhasilan, ataukah pengaruh buruk yang sewaktu-waktu bisa saja menjerumuskannya diarahkan secara tepat dan benar, sebab mereka itu sangat produktif dan bertalenta.

     Saat ini perkembangan dunia begitu pesat bukan hanya di bidang tertentu saja, tapi hampir di seluruh bidang kehidupan manusia.  Salah satunya adalah bidang teknologi:  ada internet, handphone super canggih, laptop, ipad dan sebagainya.  Muncul istilah email, facebook, twitter.  Mau tidak mau kemajuan teknologi i…