Renungan Kristen Tegas menyatakan kebenaran


Judul: Tegas menyatakan kebenaran
Keluaran 32:15-35
Seorang pemimpin Kristen sejati pasti sedih dan marah bila menyaksikan orang yang dia pimpin hidup tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Demikian pula Musa ketika menyaksikan umat Israel yang menyembah patung anak lembu ala penyembahan kafir. Musa pasti mengerti mengapa Allah begitu murka dan ingin membinasakan mereka semua, kecuali dia dan keluarganya. Maka dia juga begitu marah, sehingga menghancurkan kedua loh batu yang berisi sepuluh hukum Tuhan sebagai lambang bahwa mereka telah "menghancurkan atau melanggar" hukum Tuhan.

Musa lalu membakar dan menggiling patung berhala itu serta menyuruh umat Israel meminumnya sebagai lambang bahwa mereka harus menanggung perbuatan dosa mereka. Ia juga menegur Harun yang begitu mudah berkompromi sehingga mengikuti kemauan umat Israel membuat patung untuk disembah. Harun justru menyalahkan orang Israel. Akhirnya Musa menantang Israel untuk memihak kepada Tuhan. Lalu tampillah suku Lewi yang memihak Tuhan dengan melenyapkan kaum sebangsa yang memberontak melawan Allah. Karena itu, Tuhan akhirnya memilih mereka menggantikan anak sulung Israel sebagai pelayan Tuhan di rumah Tuhan (lihat Bil 3:12).

Meskipun Musa telah bertindak keras dan tegas terhadap Israel yang telah berdosa, ia tetap memiliki hati yang lemah lembut dan penuh belas kasihan sehingga rela berkurban demi umat Israel mendapat pengampunan Tuhan (32). Namun, Tuhan itu adil sehingga hanya akan menghukum mereka yang telah berbuat dosa kepada-Nya. Yang perlu Musa lakukan ialah tetap fokus pada panggilan memimpin orang Israel memasuki tanah perjanjian.

Berani menyatakan kebenaran dan tidak berkompromi dengan dosa seharusnya ada pada kita semua. Namun, kita harus lemah lembut dalam menegur orang yang berbuat dosa. Kita juga harus berbelas kasihan terhadap mereka yang telah berdosa dengan mendoakan dan membimbing mereka agar mereka bertobat dan mendapat pengampunan Tuhan.


Keluaran 32:15-35
32:15  Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya; bertulis sebelah-menyebelah.
32:16  Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu.
32:17  Ketika Yosua mendengar suara bangsa itu bersorak, berkatalah ia kepada Musa: "Ada bunyi sorak peperangan kedengaran di perkemahan."
32:18  Tetapi jawab Musa: "Bukan bunyi nyanyian kemenangan, bukan bunyi nyanyian kekalahan--bunyi orang menyanyi berbalas-balasan, itulah yang kudengar."
32:19  Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari-nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu.
32:20  Sesudah itu diambilnyalah anak lembu yang dibuat mereka itu, dibakarnya dengan api dan digilingnya sampai halus, kemudian ditaburkannya ke atas air dan disuruhnya diminum oleh orang Israel.
32:21  Lalu berkatalah Musa kepada Harun: "Apakah yang dilakukan bangsa ini kepadamu, sehingga engkau mendatangkan dosa yang sebesar itu kepada mereka?"
32:22  Tetapi jawab Harun: "Janganlah bangkit amarah tuanku; engkau sendiri tahu, bahwa bangsa ini jahat semata-mata.
32:23  Mereka berkata kepadaku: Buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir--kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia.
32:24  Lalu aku berkata kepada mereka: Siapa yang empunya emas haruslah menanggalkannya. Mereka memberikannya kepadaku dan aku melemparkannya ke dalam api, dan keluarlah anak lembu ini."
32:25  Ketika Musa melihat, bahwa bangsa itu seperti kuda terlepas dari kandang--sebab Harun telah melepaskannya, sampai menjadi buah cemooh bagi lawan mereka--
32:26  maka berdirilah Musa di pintu gerbang perkemahan itu serta berkata: "Siapa yang memihak kepada TUHAN datanglah kepadaku!" Lalu berkumpullah kepadanya seluruh bani Lewi.
32:27  Berkatalah ia kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Baiklah kamu masing-masing mengikatkan pedangnya pada pinggangnya dan berjalanlah kian ke mari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang, dan biarlah masing-masing membunuh saudaranya dan temannya dan tetangganya."
32:28  Bani Lewi melakukan seperti yang dikatakan Musa dan pada hari itu tewaslah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu.
32:29  Kemudian berkatalah Musa: "Baktikanlah dirimu mulai hari ini kepada TUHAN, masing-masing dengan membayarkan jiwa anaknya laki-laki dan saudaranya--yakni supaya kamu diberi berkat pada hari ini."
32:30  Keesokan harinya berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Kamu ini telah berbuat dosa besar, tetapi sekarang aku akan naik menghadap TUHAN, mungkin aku akan dapat mengadakan pendamaian karena dosamu itu."
32:31  Lalu kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: "Ah, bangsa ini telah berbuat dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas bagi mereka.
32:32  Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu--dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis."
32:33  Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan dari dalam kitab-Ku.
32:34  Tetapi pergilah sekarang, tuntunlah bangsa itu ke tempat yang telah Kusebutkan kepadamu; akan berjalan malaikat-Ku di depanmu, tetapi pada hari pembalasan-Ku itu Aku akan membalaskan dosa mereka kepada mereka."
32:35  Demikianlah TUHAN menulahi bangsa itu, karena mereka telah menyuruh membuat anak lembu buatan Harun itu.
Renungan Kristen Tegas menyatakan kebenaran Renungan Kristen Tegas menyatakan kebenaran Reviewed by Alfa on Juli 29, 2013 Rating: 5