Renungan Kristen Sudah Dipulikan

Bacaan: Kolose 3:5-17

clip_image001Apakah Anda sudah mengijinkan tangan Maestro itu memulihkan kembali potongan- potongan puzzle yang berantakan. Apakah puzzle itu sudah membentuk gambar yang indah, serupa dengan gambar diri Sang Maestro? Untuk melihat apakah gambar diri kita sudah dipulihkan atau belum, kita bisa mengujinya dengan beberapa pertanyaan berikut di bawah ini :

 

 

 

1.      Apakah kita bisa menerima diri kita sendiri apa adanya?

2.      Apakah kita bisa bersyukur kepada Tuhan atas ketidaksempurnaan kita?

3.      Apakah kita menyadari kekurangan dan kelemahan kita, sementara kita juga menyadari bahwa kita memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak ada pada
diri orang lain?

4.      Apakah kita bisa menerima pujian tanpa berpura-pura rendah hati dan menerima kritik tanpa harus menjadi putus asa?

5.      Apakah kita berani meninggalkan masa lalu, menghadapi kenyataan masa sekarang ini dan mempersiapkan diri untuk masa depan?

6.      Apakah kita tahu bahwa hidup kita sangat berharga sehingga kita bisa menghargai diri kita sendiri?

7.      Apakah kita berani menjadi diri sendiri dan tak tergoda untuk menjadi orang lain?

8.      Apakah kita berani jatuh dan gagal, dan bangkit lagi?

9.      Apakah kita bisa mengasihi orang lain seperti kita menerima diri kita sendiri?

10. Apakah kita sudah bisa mengampuni orang lain yang pernah melukai hati kita?

11. Apakah kita berani meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk kita?

12. Apakah kita berani mempertahankan prinsip, meski itu berarti kita harus beda dari kebanyakan orang?

jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu akan menunjukkan gambar puzzle kita. jika jawaban kita ya, maka gambar diri kita sudah pulih, sebaliknya jika jawaban kita tidak maka gambar diri kita sebenarnya belum dipulihkan. Bersyukur kalau gambar diri kita sudah dipulihkan, namun seandainya belum itu bukan berarti kita tak bisa dipulihkan. Kita harus melewati proses clan tiap orang memang memiliki proses yang masing-masing berbecla. Yang penting adalah kita tetap mengijinkan
Tuhan terns memulihkan gambar diri kita hingga di dapati hidup kita serupa dan segambar dengan Kristus.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan itu dan diskusikaniah dengan orang terdekat Anda.

 

Bacaan: Kolose 3:5-17

3:5      Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,

3:6      semuanya itu mendatangkan murka Allah (atas orang-orang durhaka).

3:7      Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya.

3:8      Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

3:9      Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,

3:10    dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

3:11    dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu.

3:12    Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

3:13    Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

3:14    Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

3:15    Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

3:16    Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

3:17    Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Renungan Kristen Sudah Dipulikan Renungan Kristen Sudah Dipulikan Reviewed by Alfa on Juli 29, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar

Tinggalkan pesan, kritik ataupun saran agar blog ini bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa memberkati lebih banyak orang.
**Salam Kasih untuk kamu. TUHAN YESUS MEMBERKATI

Bagikan kepada saudara-saudara kita yang lain dan mari kita sama-sama melayani.